ju
Powered by Blogger.

Cara Meningkatkan Kinerja VGA

Memory VGA pada dasarnya memegang peranan penting dalam pengolah data grafik, semakin besar Memory VGA yang ada pada sebuah Komputer / Laptop maka akan semakin baik pula kinerjanya dalam mengolah grafik, baik itu berupa grafik game maupun grafik saat kita menjalankan software.

Namun, masalahnya adalah game-game berat sekarang ini, menuntut kita untuk memiliki kapasitas Memory VGA yang besar agar saat bermain game bisa lancar tanpa adanya Lag. Bagi yang berkantong tebal mungkin tidak menjadi masalah, namun bagi sebagian lainnya hal tersebut cukup menguras kantong.

Tapi tenang saja, karena di artikel ini saya akan membagikan bagaimana Cara Menambah Memory VGA OnBoard tanpa perlu membeli VGA baru, jadi kita akan memaksimalkan Memory VGA OnBoard kita, atau membuat VGA menjadi Mode Game.

Pada umumnya, sejauh yang saya tahu Cara Menambah Memory VGA OnBoard yang terbukti ampuh, ada dua, yaitu :

  1. Share Memory RAM ke VGA OnBoard
  2. Menggunakan Software Intel Display Adapter Management Tool (IDAMT)

Dan kali ini saya akan menjelaskan kedua Cara Menambah Memory VGA OnBoard tersebut.

CARA SHARE MEMORY RAM KE VGA ONBOARD


Untuk menambah Memory VGA OnBoard dengan cara Share RAM, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk ke BIOS. Untuk yang belum tahu bagaimana cara masuk ke BIOS, silahkan ikuti caranya dibawah ini :

  1. Ketik win + r

    Cara Menambah Memory VGA OnBoard

    Maka akan muncul jendela kecil yang berada di pojok kanan bawah, selanjutnya silahkan Anda ketikkan 'msconfig' tanpa tanda kutip.
  2. Centang safeboot

    Cara Menambah Memory VGA OnBoard

    Setelah mengetik 'msconfig' maka kita akan masuk ke menu System Configuration, jika sudah terbuka silahkan Anda berikan centang pada Safeboot yang ada di dalam menu Boot option.

Klik apply, lalu pilih ok. Langkah akhir tinggal Anda restart komputer / laptop, maka secara otomatis Anda akan masuk ke menu BIOS. Setelah masuk ke BIOS selanjutnya silahkan Anda ikuti cara dibawah ini, untuk membagi RAM dengan VGA.

  1. Seting Video RAM ( VGA Shared Memory Size )
  2. Ubahlah jumlah shared memori sesuai kebutuhan Anda
  3. Langkah terakhir Save dan Exit

Catatan : Semakin besar RAM yang kita miliki, maka akan semakin maksimal pula penambahan Memory VGA.

Jika sudah silahkan Anda coba dan rasakan perbedaan performa pada VGA Anda. Dan jika masih kurang, kita juga bisa menambah Memory VGA dengan menggunakan Software Intel Display Adapter Management Tool, caranyas silahkan Anda baca dibawah.

CARA MENGGUNAKAN SOFTWARE IDAMT


Intel Display Adapter Management Tool (IDAMT) adalah salah satu software untuk menambah Memory VGA OnBoard yang sudah terbukti keampuhannya, namun sayangnya cara ini hanya bisa untuk pengguna Komputer atau Laptop yang menggunakan VGA Intel seperti Intel HD Graphics 2000/3000/4000.

Cara Kerja dari software IDAMT ini juga terbilang cukup sederhana, yaitu hanya mengubah Vertex Processing Mode agar tidak dijalankan sepenuhnya oleh VGA, jadi ada pembagian antara VGA dan Memory di game itu sendiri.

Untuk menggunakan software IDAMT ini sebenanrya cukup mudah, pertama tentu Anda harus download software ini terlebih dahulu.

Jika sudah selesai di download, selanjutnya silahkan Anda ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk Share Memory RAM ke VGA OnBoard menggunakan software Intel Display Adapter Management Tool.

  1. Extract file software Intel Display Adapter Management Tool yang masih berekstensi .rar
  2. Install Intel Display Adapter Management Tool.exe lalu jalankan software tersebut
  3. Masuk ke tab Vertex Processing Modes For Selected Executables (Intel Only)
  4. Selanjutnya, silahkan Anda klik Add Executable
  5. Pilih game atau aplikasi yang dirasa berat untuk dijalankan, lalu klik Open
  6. Langkah terakhir adalah tinggal Anda klik Change Vertex Processing Mode

Kedua Cara Menambah Memory VGA OnBoard Komputer / Laptop diatas akan memaksimalkan kinerja VGA, karena kita sudah mensetting RAM untuk membagi memory yang dimilikinya untuk dibagikan kepada VGA, jadi saat bermain game berat sekalipun bisa kita mainkan dengan lancara tanpa adanya lemot / lag.
Tag : aplikasi
0 Komentar untuk "Cara Meningkatkan Kinerja VGA"

Back To Top