ju
Powered by Blogger.

Cara Mengatasi File Yang Tidak Bisa Dihapus

Cara Menghapus File Terkunci - Mungkin Anda pernah mengalami dimana saat menghapus sebuah file, file tersebut tidak bisa dihapus karena berbagi alasan, seperti terkunci atau terkena virus. Sementara kasus yang paling sering terjadi adalah file masih terbuka atau berjalan dan sedang digunakan oleh program lain.

Bildergebnis für cara mengatasi file yang tidak bisa di hapus


Berikut adalah beberapa tips dasar mengatasi file yang tidak bisa dihapus pada Windows :

1. Menutup Program


Mari kita mulai dengan cara sederhana. Ketika menghapus sebuah file, Windows Explorer selalu meminta persetujuan penngguna termasuk jika terjadi kesalahan. Jika file yang akan kita hapus tidak berhasil maka akan ada pemberitahuan.


Misalnya file masih berjalan di latar belakang atau terbuka dan tidak ditutup dengan benar, maka langkah yang harus kita abil adalah menutup file dan program terkait, kemudian coba hapus kembali.

2. Restart atau Rebooting


Jika Anda tidak mau repot dan malas untuk mengetahui penyebabnya, restart atau rebooting bisa jadi solusi jitu untuk mengatasi hal ini. Sebagian orang percaya, rebooting dapat membersihkan RAM dan mungkin perbaikan atas gangguan lainnya pada komputer dalam satu kali klik.

3. Tutup Aplikasi Melalui Task Manager


Memuat ulang komputer (Restart) memang bisa membantu, karena sistem akan mulai dari awal dan semua proses yang sedang berjalan akan ditutup. Namun, tentu saja Anda juga dapat mengakhiri proses aplikasi yang sedang berjalan ini secara manual, langsung melalui Task Manager.

Baca Juga : Cara Mengubah Icon Taskbar Menu pada Windows 7 

Cara cepat untuk membuka Task Manager adalah dengan mengklik CTRL + SHIFT + ESC.

Anda juga dapat mengakses fitur ini dengan cara klik kanan pada Taskbar atau klik CTRL + ALT + DEL kemudian memilih menu Start Task Manager.


Buka tab Processes, lalu cari aplikasi yang menjadi penyebabnya. Misalnya, file yang tidak dapat dihapus adalah file PDF, maka cari dan tutup aplikasi yang berkaitan dengan file tersebut seperti PDF Rider dsb.

4. Unlock File Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga


Alternatif lain untuk mengatasi file yang tidak dapat dihapus adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Ada banyak sekali aplikasi pihak ketiga yang bisa Anda gunakan seperti Unlocker dan FilExile. Namun disini saya akan merekomendasikan Anda untuk menggunakan aplikasi gratisan dari IOBIT yaitu Iobit Unlocker



Jika Anda tidak mempercayai aplikasi pihak ketiga, Anda juga bisa mencoba aplikasi buatan Microsoft sendiri yakniProcess Explorer.

5. Boot Ke Safe Mode


Apabila cara-cara diatas sudah ditempuh namun tidak membuahkan hasil, ada satu lagi cara terakhir yang dapat Anda coba : Boot ke Safe Mode.


Bagi pengguna Windows 7 atau dibawahnya, silahkan reboot komputer dan tekan tombol F8 sampai opsi boot ditampilkan.
0 Komentar untuk "Cara Mengatasi File Yang Tidak Bisa Dihapus"

Back To Top