ju
Powered by Blogger.

Pengertian & Penjelasan Mikrotik

Mikrotik merupakan sebuah perusahaan kecil yang berkantor pusat di Latvia, Bersebelahan dengan Rusia yang  bergerak dalam bidang produksi Hardware  (Perangkat Keras)  dan Software (Perangkat Lunak)  yang berhubungan dengan sistem jaringan komputer.Mikrotik dibentuk olehJohn Trully dan Arnis Riekstins. John Trully adalah seorang penduduk amerika yang berimigrasi ke Latvia.Kemudian di Latvia dia berjumpa dengan Arnis Riekstins , seorang sarjana Fisika dan Mekanik. Mikrotik didirikan pada tahun 1995 dan fokus untuk mengembangkan router dan sistem jaringan ISP (Internet Service Provider) Nirkable.

Sejarah Mikrotik
Pada Tahun 1996 John Trully dan Arnis Riekstins memulai sistem Linux dan MS DOS melakukan  pengembangan tentang routing yang dikombinasikan dengan teknologi Wireless LAN (W-LAN) Aeronet yang mempunyai kecepatan 2Mbps di Moldova. Setelah itu barulah mereka melayani Lima Pelanggan di Latvia dan berambisi membuat suatu perangkat Lunak (Software) Router yang handal dan disebarkan diseluruh dunia.Prinsip dasar pada mikrotik bukan tertuju pada pembuatan Wireless ISP,tetapi membuat program router yang handal dan dapat dijalankan diseluruh dunia.Hingga kini,Mikrotik telah membantu negara-negara lain termasuk Srilangka dan melayani 400 Pelanggannya.

John Trully dan Arnis Riekstins  melakukan pengembangan tentang routing secara bersama-sama dan dibantu oleh 5-15 orang staff R&D (Research and Developmen) menggunakan Sistem operasi Linux berkernel 2.2 sehingga terbentuk sistem operasi Mikrotik Router OS. Mikrotik sekarang sudah menguasai dunia routing di negara-negara berkembang dan menurut Arnis,Mereka juga merekrut tenaga-tenaga lepas dan pihak ketiga  yang dengan intensif mengembangkan Mikrotik baik di hardware maupun software.
Gambar Arnis Riekstins, CTO MikroTik ketika berada di Yogyakarta 

Semangat Mikrotik berbeda dengan perusahaan sejenis di Amerika karena Perusahaan Mikrotik selain berkonsentrasi pada pengembangan software Mikrotik juga mencari solusi hardware (Perangkat keras) yang sudah terbundle langsung dengan Mikrotik Router OS dengan bekerjasama dengan pihak ketiga.Dan sekarang Hardware yang ditawarkan mikrotik menjadi semakin banyak mulai dari Radio Router yang bekerja pada frequensi 2,4 GHz dan 5,8 GHz, Switch interface-interfice (Seperti Mini PCI) dan Antena.



Jenis-Jenis Mikrotik

MikroTik RouterOS™ adalah sistem operasi berbasis Linux dan perangkat lunak (Software) yang digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless, dan banyak digunakan oleh perusahaan ISP (Internet Service Provider) dan provider hotspot.
Untuk instalasi  Mikrotik  dapat dilakukan pada PC (Personal Komputer) melalui CD (Compack Disk).File image mikrotik routerOS bisa diunduh dari website resminya Mikrotik, www.mikrotik.com . Namun,File image ini merupakan versi trial Mikrotik dan hanya bisa digunakan dalam waktu kurang lebih 24 Jam. Untuk dapat menggunakannya secara full time, maka harus membeli lisensi key dengan catatan satu lisensi hanya untuk satu harddisk.Tetapi jangan kawatir jika ingin mencoba versi yang full time kami akan mensharing file image mikrotik versi 5.1 dengan licensinya. Silahkan klik disini.
Installasi mikrotik tidak membutuhkan perangkat lunak tambahan akan tetapi biasanya jika diinstall diPC akan membutuhkan komponen tambahan seperti LAN-Card dan spesifikasi PC yang dijadikan router Mikrotik pun tidak memerlukan spesifikasi yang cukup tinggi dan resource yang besar untuk penggunaan standart, Misalnya hanya digunakan sebagai gateway internet. Akan tetapi untuk keperluan beban yang besar (Network yang kompleks dan routing yang rumit) disarankan supaya mempertimbangkan pemilihan sumberdaya (Resource) PC yang memadai.

Mikrotik didesain untuk mudah digunakan dan sangat baik digunakan untuk keperluan administrasi jaringan komputer seperti merancang dan membangun sebuah sistem jaringan komputer skala kecil hingga yang kompleks sekalipun.

Gambar Routerboard Outdoor

RouterBoard adalah router embedded produk yang diproduksi oleh mikrotik. Routerboard seperti sebuah pc mini yang terintegrasi dengan periperal lainnya karena dalam satu board tertanam prosesor, ram, rom, dan memori flash. Routerboard dibedakan menjadi dua yaitu Routerboard Indoor dan Outdoor.Routerboard menggunakan os RouterOS yang berfungsi sebagai router jaringan, bandwidth management, proxy server, dhcp, dns server dan fungsi-fungsi lainnya.
Routerboard Outdoor mempunyai beberapa seri routerboard yang bisa berfungsi sebagai mode access point,bridge,wds maupun station (client). Beberapa Seri Routerboard diantaranya RB411, RB433, RB600 dan setiap seri Routerboard mempunyai arti sebagai contoh RB433 yaitu digit pertama yaitu angka 4 merupakan level dari mikrotik,digit kedua yaitu angka 3 mempunyai arti jumlah interface ethernetnya jumlahnya ada 3 buah dan angka digit terakhir mengandung arti jumlah slot Mini PCI berjumlah 3 buah . Sebagian besar ISP menggunakan routerboard Outdoor untuk menjalankan fungsi wirelessnya baik sebagai ap ataupun client.  Dengan routerboard maka dapat menjalankan fungsi-fungsi router tanpa bergantung pada PC (Personal Komputer) karena semua fungsi,aplikasi-aplikasi,dan fitur-fitur tentang router sudah ada pada routerboard. Jika dibandingkan dengan PC, Routerboard mempunyai kelebihan ukurannya kecil, lebih komplek dan tentunya hemat listrik karena hanya menggunakan adaptor dan untuk Routerboard Outdoor biasanya dipasang  diatas tower dan disertai dengan antena dan untuk power adaptor biasanya menggunakan PoE (Power On Ethernet) yang berfungsi sebagai periperal tambahan untuk menghidupkan Routerboard yang terpasang di Tower.


Sistem Level Lisensi Mikrotik 
Mikrotik hadir dalam berbagai level dan setiap level mempunyai kemampuan yang berbeda-beda sehingga ketika ingin menggunakannya secara penuh, maka dibutuhkan lisensi dari MikroTikls alias berbayar. Mikrotik dikenal dengan istilah Level pada lisensinya. Tersedia mulai dari Level 0 kemudian 1, 3 hingga 6.

Berikut uraian tentang level Mikrotik :
·     Level 0 (gratis); tidak membutuhkan lisensi untuk menggunakannya dan penggunaan fitur hanya  dibatasi selama 24 jam setelah instalasi dilakukan.
·     Level 1 (demo); pada level ini dapat menggunakannya sebagian  fungsi routing standar saja  dengan 1 pengaturan serta tidak memiliki limitasi waktu untuk menggunakannya.
·     Level 3; sudah mencakup level 1 ditambah dengan kemampuan untuk memanagemen segala  perangkat keras yang berbasiskan Mini PCI (Wireless) mode station (client)  dan Ethernet.
·         Level 4; sudah mencakup level 1 dan 3 ditambah dengan kemampuan untuk mengelola perangkat wireless mode  akses poin.
·     Level 5; mencakup level 1, 3 dan 4 ditambah dengan kemampuan mengelola jumlah pengguna hotspot yang lebih banyak (usermanager).
·         Level 6; mencakup semua level dan tidak memiliki limitasi apapun.

 Baca juga : pengertian, manfaat dan fungsi proxy
0 Komentar untuk "Pengertian & Penjelasan Mikrotik"

Back To Top